RAVEN DAMAGE COMPARISON (Physical, Hybrid, Full Dark)

Raven Damage Comparison

       Beberapa hari lalu, ada salah satu komentar yang meminta saya menghitung DPS untuk job-job yang bermain Element. Berhubung saya sedang tidak memiliki banyak waktu sekarang ini (Efek banyak Event dan kerjaan), jadi saya akan membandingkan satu Job saja. Job yang saya pilih adalah Raven, karena penggunanya di Dragon Nest SEA atau INA banyak sekali. Selain itu, masih banyak yang merasa kebingunan untuk Gearnya.


        Saya perhatikan ketika Online di Dragon Nest INA, lebih banyak Raven yang menggunakan Full PATK (Physical). Alasannya karena memang mereka menggunakan Dual Line Skill Build, jadi agar Skill di Line Rippernya lebih besar damagenya. Selain itu, kendala lain dalam bermain Full Dark adalah harga Tough Earring dan Necklace yang mahal. Build Gear lain yang sering saya lihat adalah Hybrid Gear. Maksud dari Hybrid Gear bukan di Skill Buildya ya, tetapi semua Jade untuk senjata dan ring menggunakan Dark, sedangkan earring dan necklace tidak menggunakan Tough.
        Oh ya, saya juga pernah mendapatkan komplain Top 5 DPS skill Raven di post DPS Chart. Mereka menanyakan apakah saya salah menghitung tentang DPS Fan of Edge. Bagaimana bisa Skill itu menjadi Top DPS di Raven. Nah Post kali ini akan membantu kalian yang merasa bingung kenapa bisa Fan of Edge menjadi Top DPS Skill. Apakah Fan of Edge akan tetap menjadi Top DPS apabila menggunakan Full Dark Gear?



Gear Character

    Seperti sebelumnya, langkah pertama untuk menghitung Raven Damage Comparison adalah membuat simulasi Gearnya dulu. Kali ini saya mengunakan Equip untuk Level 80 dan Gear yang lumayan bagus.

Physical Raven
Physical Raven


Hybrid Raven
Hybrid Raven


Dark Raven
Dark Raven


Keterangan:
  • Armor yang saya gunakan Asteroid Lancea +10 dengan Superior Life Vitality dan Wind Jade level 70.
  • Weapon yang saya gunakan Ruler (Ladder Weapon) +10 dengan Superior Wind, Destruction untuk Physical Raven, dan Superior Dark Jade untuk Hybrid dan Dark Raven.
  • Costume yang saya gunakan adalah Epic Costum.
  • Ring : Black Dragon Ring + Destruction untuk Physical Raven dan Superior Dark Jade untuk Hybrid dan Dark Raven.
  • Earring + Necklace: Tough untuk Dark Raven dan Black Dragon (Legend) untuk Hybrid dan Physical.
  • Premium Heraldry level 70 (tidak 3rd Option)
  • Unique Heraldry level 70
  • High Talisman untuk level 70

Perhitungan Damage:
  • Patk yang saya gunakan adalah nilai rataan.
  • Hit Damage saya gunakan Hit terbesar. Applause EX terkadang memiliki 2x Damage, tapi saya hanya menghitung normal hitnya saja.
  • Defence musuh yang saya gunakan adala 29948 (mengurangi 26% serangan), sesuai dengan Def Boss Volcano Nest.
  • Saya tidak menghitung Damage Kritikal.
  • Saya menggunakan Skill ring +1 untuk Mortal Blow dan Rain Drop.
  • Saya menghitung Final Damage
  • Buff atau Debuff yang saya gunakan adalah Applause dan Punishment EX = 7% Dark Resist dan Fade = 35% Patk.


Damage Raven

Physical Raven
Physical Raven



Hybrid Raven
Hybrid Raven


Dark Raven
Dark Raven



DPS Raven

Physical Raven
Physical Raven


Hybrid Raven
Hybrid Raven


Dark Raven
Dark Raven


    Bisa dilihat pada Physical Raven, DPS tertingginya masih tetap Fan of Edge. Namun untuk Hybrid dan Dark Raven Rake EX lah yang memiliki DPS tertinggi. Disini sudah sangat jelas, bahwa semakin tinggi Dark Attack mu maka Skill di Line Raven akan memiliki DPS semakin besar. Namun bagaimana jika kalian menggunakan Hybrid Build (Menaikan Skill di Line Ripper) ? Build Gear manakah yang paling cocok. Oleh karena itu, saya akan memberikan damage dan DPS comparison.


Damage Comparison
Damage Comparison

    Pada Rataan Damage seluruh skill, perbedaannya tidak begitu jauh dan Dark Raven berhasil unggul. Hal tersebut dikarenakan pengaruh dari Dark Skill yang memiliki Damage besar. Bisa dilihat pada Rataan Dark Skill, Dark Raven memang unggul lumayan jauh. Tetapi pada Rataan Non Dark Skill, Physical Raven berhasil unggul. Nilai PATKyang besar sangat mempengaruhi skill non Dark.
    Rataan Top 5 DPS Skill tertinggi masih milik Dark Raven. Empat dari Skill Top 5 Skill di Dark Raven adalah element Dark, sehingga sangat tidak mengherankan jika Dark Raven berhasil unggul. Oleh karena itu, jika kalian ingin memilih Damage besar lebih baik menggunakan Gear Dark Raven.


DPS Comparison
DPS Comparison


     Sebelumnya saya beranggapan bahwa Dark Raven mungkin akan unggul sangat mutlak untuk Rataan Semua Skill, karena Dark Skill banyak sekali yang menduduki Top 10 DPS. Tetapi fatkanya sangat mengejutkan,  Physical Raven memiliki perbedaan sangat tipis dengan Dark Raven (hanya 12 point) di Rataan Semua Skill. Ini adalah efek DPS dari skill Fan of Edge. Bisa dilihat pada DPS Chart Physicial Raven, Fan of Edge berhasil menjadi Top DPS skill dengan jarak yang lumayan jauh dengan Rake EX. Sedangkan untuk Rataan Top 5 DPS Skill, Dark Raven kembali unggul lumayan jauh. Alasannya masih sama dengan sebelumnya, karena dari 5 Top DPS Skill ada 4 Skill dengan element Dark.


Kesimpulan
      Setiap Build Gear memiliki keungulan masing-masing. Full Dark memang berhasil unggul diantara semua Gear. Damage atau DPS Full Dark akan menjadi lebih besar lagi jika Raven menggunakan Skill Build Pure PVE (Full Line Raven + Fan of Edge Max). Kendala terbesar bagi Pure PVE Raven dengan Gear Full Dark adalah Tough Earring dan Necklace yang memiliki harga mahal. Oleh karena itu, Hybrid Raven bisa mencari alternatif Gear untuk Pure PVE Skill Build.
    Full Dark Gear berhasil unggul sangat tipis untuk Skill Build Hybrid (menaikan Line Raven, Ripper dan Fan of Edge) dan itu membuat saya lumayan heran (Bisa dilihat pada DPS Comparison untuk Rataan Semua Skill). Skill di line Raven memiliki Element Dark dengan Damage dan DPS yang lumayan besar. Sehingga Dark Raven masih tetap memiliki DPS yang besar untuk Hybrid Skill Build. Alternatif lain untuk Hybrid Skill Build yaitu dengan menggunakan Physical Gear.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

DRAGON NEST: DAMAGE and DPS CALCULATION

SPIRIT DANCER SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

ELESTRA SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)