CRUSADER SKILL BUILD LEVEL 90

    Wah ditinggal dua hari (Sabtu + Minggu) kolom komentar masih bernuansa Machina aja. Saya tidak akan Update Skill Build Machina sebelum semua Skill Build job terdahulu selesai.  Dua hari kemarin kebetulan saya sibuk persiapaan dan tanding untuk Event PVP Guild 4v4 di DN SEA. Yah walaupun Team saya hanya sampai 8 besar, tapi setidaknya pengalaman pertama ikut event PVP lumayan seru juga. Kali ini saya tidak akan membahas masalah PVP, tapi tentang Crusader Skill Build Level 90.
    Crusader sempat menjadi JOB yang memiliki DPS yang sangat besar di Cap 80, terutama pada Light Party. Revamp Buff/Debuff membuat Light Party tidak bisa melakukan Stacking Light Attack dan Light Resist, sehingga Potensi DPS Crusader di Party lumayan terjun bebas. Selain itu, hilangannya Buff +STR dan INT di Ultimate Skill Paladin memperburuk Potensi DPSnya. Beberapa kali Crusader sudah di Boost, tetapi Potensi DPSnya memang tidak bisa seperti Cap 80 lalu. Hal itulah yang membuat beberapa player melakukan Change Job. Padahal jika saya bandingkan Potensi DPS Solo-nya (no Party) malah meningkat. 



Jade/Jewel
Armor: STR + VIT atau STR + CRIT
Weapon + Ring: LIGHT + STR
Earring + Necklace: STR + VIT atau STR + CRIT

Heraldry + Talisman
- Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Intellect (Wise)
- Destruction, Bear, Health, Life Vitality, Tent, Magician, Fatal dan Intellect (Wise)

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear, PATK = 35986, MATK = 35171, Light Attack = 70%
- Semua Skill Full Hit dan Buff/Debuff

Skill Build

Build PVE

Charge Bolt
Diantara semua Skill DPS Aktif di Cleric Skill Tree, Charge Bolt memang yang terbaik untuk Job Light Attack. Selain memiliki Potensi DPS yang cukup besar, Charge Bolt juga mempunyai jumlah Hit yang banyak sehingga bisa membantu/mempercepat pengurangan cooldown Electric Smite.

Block
Sebenarnya saya agak malas ambil Block untuk Build PVE, karena mengaktifkan Block bisa mengganggu kelancaran kombo. Yah daripada bingung mau buang 10 Skill Point kemana lagi. Jika kalian tidak ingin menaikan Block juga, bisa memasukan 10 Skill Pointnya ke Lightning Zap saja.

Holy Relic
Potensi DPS menduduki peringkat ketiga jadi sudah sewajarnya untuk MAX.

Sacred Hammering
Saya tidak memasukan Sacred Hammering di tabel Potensi DPS karena sedang malas menghitungnya. Jika dihitung pun sudah pasti Potensi DPS yang besar, sehingga wajib untuk MAX.

Lightning Zap
Saya masih heran kenapa Lightning Zap masih termasuk Magic Damage, padahal Crusader sekarang termasuk Physical Job (berdasarkan PATK). Jadi untuk Crusader tipe STR, Potensi DPS Lightning Zap tanpa Judge Power akan lebih kecil daripada di atas.

Electric Smite
TOP DPS skill wajib MAX

Shin Breaker + Armor Break + Shield Charge
Ketiga skill ini memiliki Potensi DPS yang lumayan kecil, jadi hanya digunakan untuk pelengkap Instan Skill saja.

Skill Guardian Line
Saya sebenarnya hanya ingin mengambil Iron Will tetapi apa daya harus ambil skill di atasnya. Divine Ascension saya gunakan sebagai pelengkap saja, soalnya tidak bisa di spam seperti Guardian.

Divine Avatar + Thor Hammer
Divine Avatar bisa kalian gunakan disaat-saat genting di Nest/Raid karena masih invincible (tidak bisa dihit). Sedangkan Thor Hammer bisa digunakan ketika saat santai, seperti tidak ada skill boss yang pedih atau bisa menggagalkan cast Thor Hammer.

Judgement Hammer
Saya pernah ditegur oleh pembaca gara-gara skill ini. Dia bilang mana mungkin Judgement Hammer bisa memiliki Potensi DPS yang besar seperti itu. Sekali lagi itu adalah Potensi DPS Full Hit ya, kalau kamu tidak percaya bisa coba lepas semua Armor/ACC dan Plate, lalu coba lakukan Judgement Hammer lawan Black Dragon. Hal itu dikarenakan Potensi DPS maksimalnya hanya bisa didapatkan ketika melawan musuh yang super panjang dan besar, seperti naga-naga.

Build PVP

Divine Combo + Holy Kick 
Holy Kick memiliki kemungkinan Stun yang cukup besar, sedangkan Divine Combo bisa membuat lawan terjatuh.

Provoke
Selalu menggunakan Provoke sebelum melakukan kombo karena bisa mengurangi Stun dan Critical Resist musuh.

Sacred Hammering
Damagenya di PVP memang besar tetapi cooldownnya terlalu cepat.

Lightning Zap
Di PVP, skill ini sangat berguna ketika melawan musuh yang super lincah karena bisa mengganggu pergerakan mereka. Damageya juga di PVP lumayan besar juga, apalagi ditambah Skill Ring +1.

Elecric Smite
Masih menjadi salah satu skill yang damagenya besar di PVP.

Divine Ascension + Divine Vengeance
Saya menaikan kedua skill ini di PVP untuk counter attack saat sedang block.

Judgement Hammer
Skill ini bisa digunakan untuk mengerjai musuh yang memiliki Stun Resist kecil, karena kadang-kadang bisa membuat musuh Stun.

Skill Heraldry
PVE:
- Electric Smite (damage)
- Holy Relic (damage)
- Divine Avatar/Thor Hammer (cooldown)
- Judgement Hammer (damage)
Optional: Judge Power (Buff Duration)

PVP
- Half Turn Kick (action speed)
- Holy Kick (action speed)
- Holy Relic (damage)
- Electric Smite (damage)
Optional: Divine Avatar, Block (cooldown), Stomping Kick (action speed)
      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STING BREEZER SKILL BUILD LEVEL 90

DRAGON NEST: DAMAGE and DPS CALCULATION

ELESTRA SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)