DEFENSIO SKILL BUILD LEVEL 90

    Akhirnya sudah sampai ke pembahasan Skill Build terakhir yaitu Defensio (Defena) Skill Build level 90. Timingnya sangat pas sekali dengan Update Machina di DN SEA hari ini. Setelah ini saya akan rehat melakukan Postingan di Blog dan hanya akan menjawab-jawab pertanyaan di Blog saja. Sampai hari ini, saya belum pernah menggunakan Defensio sama sekali. Soalnya tidak seperti Ruina, kali ini saya tidak mendapatkan pinjaman Defensio level 90. Untungnya setelah melihat dan mencari tahu tentang keterangan Skill di Defensio Skill Tree, saya bisa mendapatkan data-datanya.
    Membahas tentang Defensio Skill Build ini tidak akan sepanjang dan serumit Ruina. Soalnya DPS Defensio tidak berdasarkan Kombo-Kombo Skill yang panjang. Di Ruina Skill Build, saya sudah bilang kalau Defensio ini lebih ke arah Support DPS. Defensio dibekali dengan skill yang bisa meningkatkan def + mdef kita, mengurangi serangan musuh, heal, dan barrier.  Tidak hanya skill buff/debuff, Defensio juga memiliki skill EX yang daamgenya lumayan besar. Diantara semua skill Defensio, saya paling suka dengan Auto Repair yang bisa mengurangi Cooldown semua Aktif Skill.
    Pengalaman membuat Defensio Skill Build untuk pertama kalinya ini kelihatannya memang tidak sesulit Ruina. Hanya saja menghitung efek Skill Auto Repair agak sulit, karena itu harus menggunakan asumsi-asumsi lagi. Nanti saya akan menjelaskanya bertahap-tahap. Jadi kalian harus membacanya pelan-pelan, supaya kalau saya ada salah bisa cepat dikoreksi.


Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Life Vitality, Health, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Saya akan membuat tahapan yang sama dengan Ruina Skill Build.

Machina Skill Tree
Dari Tabel di atas, saya akan membahas 5 Skill saja yaitu Body Check, Fly By, Knuckle Charge, Charging Gear dan Pivot Gun Shot.

Body Check
Sama seperti Ruina, Potensi DPS Body Check memang besar tapi kalian tidak akan mungkin menjadikan skill ini sebagai DPS utama juga.

Fly By
Skill ini walaupun DPSnya besar, kebanyakan lebih sering saya gunakan untuk lompat-lompat atau dikombo degan Knuckle Charge. Lagi pula kalian hanya memerlukan 3 Skill Point untuk menaikan skill ini.

Charging Gear
Skill pasif ini memiliki potensi DPS yang lumayan besar juga. Normal Hit + Charging Gear memiliki damage 5.8x PATK kalian. Sama halnya dengan Body Check dan Fly By, Spam Normal Hit + Charging Gear bukan pilihan DPS terbaik.

Knuckle Charge vs Pivot Gun Shot
Pivot Gun Shot + Charging Gear vs  Knuckle Charge. Secara potensi DPSnya tetap masih unggul Knuckle Charge (Fly By). Jadi saya tetap akan memilih Knuckle Charge saja, yah walaupun pada akhirnya skill di Machina Tree tidak akan banyak terpakai untuk DPS. Soalnya kita pasti akan lebih fokus ke Skill di Line Patrona dan Defensio.

Patrona Skill Tree

Ducking
Dapat mengurangi Cooldown dari Gear Step Skill yaitu Rock Away, Step Up dan Foot Stomping (Saya beri warna biru). Kenaikan level Ducking akan membesar pemotongan cooldownnya. Pada level 6 (MAX) cooldown Gear Step dikurangi sebesar 90%.

Bagaimana mengaktifkannya?
Simpelnya kalian dapat menekan Spasi (lompat) ketika menggunakan Gear Step Skill.

Overhowl 

Buff untuk meningkatkan Final Damage 10%. Final Damage disana bukan FD dari Plate/Equip dll, tapi Out Put Damage kalian. Misalkan salah satu skill kalian damagenya 100.000 (tanpa Buff), setelah menggunakan Over Howl maka damagenya akan menjadi 110.000 atau 1.1x damage.

Repair
Buff ini bisa mengilangkan abnormal status dan mengurangi cooldown skill untuk semua skill aktif termasuk Repair sendiri. Cooldown dasarnya itu 22 detik, tetapi jika rajin menggunakan Repair maka cooldownnya bisa menjadi 15 detik sekali.

Overboost (Defence)
Buff ini baru bisa digunakan ketika jumlah Steam kalian mencapai 30. Steam ini bisa kalian dapatkan dari penggunaan Gear Step (Class Mastery I) atau menggunakan skill Overclocking. Setelah mengkonsumi semua Steam, maka akan muncul Buff Overboost selama 160 detik. Fungsi Buffnya adalah:
- Heal 16% HP
- Reset Cooldown Ducking
- Final Damage +30%, Action Speed +15% dan Magic Defence +22%
- Mengurangi cooldown Taunting Blow ketika Gear Step digunakan.

Perhitungan Final Damage Overboost stacking dengan Overhowl, sehingga ketika menggunakan keduanya damage kalian bisa meningkat 1.4x. Ducking awalnya memiliki cooldown 5 detik, namun ketika menggunakan Overboost akan menjadi no cooldown (selalu reset).

Mari kita bahas Potensi DPS Gear Step Skill (Rock Away, Step Up dan Foot Stomping)

Rock Away + Step Up + Foot Stomping
Ketiganya termasuk ke dalam Skill Gear Step (Warna Biru pada Tabel). Potensi DPSnya tidak terlalu besar jika kalian hanya melakukannya secara biasa saja (Normal). Ketika kalian menaikan Ducking MAX, maka Potensi DPSnya bisa naik 2.5x lipat. Hal tersebut dikarenakan kalian ada efek pengurangan cooldown Gear Step Skill sebesar 90%. Belum cukup sampai disana, Potensinya bisa naik lagi jika kalian menggunakan Overboost. Hasil uji coba, Gear Step Skill bisa digunakan setiap 2 detik ketika Overboost aktif. Spam Gear Step bisa membantu juga untuk mengurang cooldown Taunting Blow EX ketika Overboost Aktif. Saya memiliki rencana untuk menaikan 2 Gear Step yang saya sering pakai yaitu Rock Away dan Step Up.

Follow Up vs Follow Through vs Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Diantara keempat skill ini, Follow Up yang memiliki potensi DPS paling besar. Sedangkan untuk Flying Knee Kick + Kidney Blow memiliki perbedaan DPS yang tipis dan Follow Through masih memiliki potensi DPS terkecil.

Beat Down vs Leaping Over
Kedua skill ini memiliki Potensi DPS yang besar karena menduduki peringkat 2 dan 3. Leaping Over sangat tergantung dengan Jumlah Hitnya, sedangkan Beat Down memiliki area serangan yang besar.

Taunting Blow EX
Dari namanya saja sudah menggunakan kata "Taunt". Skill ini memang bisa mem-provoke musuh, hanya saya tidak tahu apakah sebaik Provokenya Guardian. Saya sih lebih tertarik ke Potensi DPSnya yang sangat besar ketika Over Boost.


Kombo Skill (Enhance Command)

Step up > Leaping Over/Beat Down
Potensi DPSnya dengan Enhance Command semakin besar. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menaikan Leaping Over + Beat Down Max.

Follow Up vs Follow Through vs Flying Knee Kick vs Kidney Blow
Diantara keempat skill ini saya harus memilih salah satu saja karena keterbatasan skill point. Saya hanya tertarik pada dua skill saja yaitu Follow Up atau Kidney Blow. Potensi DPS Follow Up memang yang paling besar, tetapi Kidney Blow memiliki damage yang lebih besar. Saya lihat jangkauan Areanya, Kidney Blow memiliki area lebih besar dibandingkan dengan Follow Up. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menaikan Kidney Blow saja.

Note:
Penambahan damage Enhance Command untuk Footing Stomping dan Rock Away berbeda dengan keterangan Skill. Seharusnya penambahan damagenya sebesar 20% tetapi setelah ditest sebesar 50% damage. Saya tidak tahu apakah ini Bug atau gimana ya, soalnya Damage +50% itu seharusnya ketika Cap 80 lalu.


Skill Build
Rencananya Defensio saya menggunakan Build ini untuk PVE dan PVP

Skill Plate
PVE:
- Beat Down (damage)
- Repair (cooldown)
- Taunting Blow (damage)
- Leaping Over (damage)
Optional: Kidney Blow  (action speed) Step Up, Rock Away (damage) Beyond The Wall, Man to Man (cooldown).

PVP:
- Kidney Blow (action speed)
- Repair (cooldown)
- Taunting Blow (cooldown)
- Beat Down (damage)
Optional: Body Check  (action speed) Leaping Over, Step Up, Rock Away (damage) Man to Man (cooldown).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DRAGON NEST: DAMAGE and DPS CALCULATION

SPIRIT DANCER SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

ELESTRA SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)