WINDWALKER SKILL BUILD LEVEL 90

    Pada post kali ini saya akan membahas tentang Windwalker Skill Build Level 90. Saya tidak akan memberikan banyak pilihan untuk Skill Build Windwalker, karena saya tetap mennggunakan Hybrid Build (PVE+PVP). Saya heran saja, bagaimana bisa Windwalker menang Vote. Padahal saya agak jarang melihat orang yang menggunakan Acrobat Class di Cap 90 ini.
     Berdasarkan Analisis Acrobat Class, Windwalker mendapatkan peningkatan damage yang lumayan besar. Sayangnya peningkatan tersebut kurang membantu Windwalker untuk bersaingan di deretan Job DPS teratas. Apalagi Spirit Boost yang merupakan Buff Andalannya tidak bisa diberikan ke teman Party. Dan akhirnya pun ketebak, lumayan banyak Acrobat Class yang berpindah ke Bow Master Class. Saya saja sampai bingung sendiri ketika melihat Friend/Guild List, banyak yang ganti-ganti Job.
    Saya pernah membahas sedikit tentang Element Resist Boss Nest 90 di Majesty Skill Build. Nah jika kita asumsikan All Resist Element Boss Nest 90 itu 40%, maka para Job DPS yang bermain Element seperti Abysswalker, Saleana, Physician dll akan mengalami penurunan DPS. Disinilah kesempatan bagi Job non Element seperti Windwalker untuk mengambil alih posisi DPS. Oleh karena itu, para Windwalker harus tetap optimis dan tidak putus asa ketika mengahadapi Party-Party yang hobi diskriminasi Job.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Potensi DPS
Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Acrobat Class
- Skill Full Hit + Buff
- Saya tidak mempehitungan Spirit Boost
 
Skill Build

Magic Arrow
Mau bagaimanapun Magic Arrow tetap DPS Skill terbaik di Archer Skill Tree. Damagenya masih lebih tinggi lagi

Willow Kick + Multi Shot
Hanya untuk keperluan PVP

Double Somersault Kick
Beberapa orang pernah tanya berapa Cooldown yang saya gunakan untuk mendapatkan angka Potensi DPS itu. Windwalker sebenarnya bisa melakukan Double Somersault Kick lebih sering dibandingkan Tempest, karena Windwalker bisa menggunakan DSK setelah Eagle Dive EX dan Binding Shot. Eagle Dive memiliki Cooldown 12 detik sedangkan Binding Shot 11 detik. Berarti dalam 12 detik Double Somersault Kick bisa dicast sebanyak 2x, sehingga saya asumsikan Cooldownnya menjadi 12/2 atau 6 detik. Dengan Potensi DPS yang cukup besar itulah saya tetap menaikan Double Somersault Kick Max + Skill Ring.

Spiral Vortex + Eagle Dive
Potensi DPS keduanya hampir sama di PVE. Keduanya memiliki area serangan yang lumayan besar. Selain itu, damagenya lumayan besar di PVP. Yah dibandingkan harus menaikan Skill lain, saya masih suka dengan dua skill ini.

Air Pounce + Spiral Kick
Mungkin nanti ada yang nanya, kenapa dua skill yang masuk Top 5 DPS ini malah saya tidak naikan max. Potensi DPS itu dihitung berdasarkan Damage Total dibagi Cooldown. Dalam artian Air Pounce atau Spiral Kick ex (Showtime) jika di cast terus menerus setiap kali cooldown selesai, maka akan mendapatkan Potensi DPS seperti di atas. Semenjak Acrobat Boost di Cap 80, sudah jarang orang yang Spam Spiral Kick EX padasaat Showtime. Kebanyakan Windwalker lebih fokus reset Spiral Edge dibandingkan harus terus menurus cast Spiral Kick. Oleh karena itu, saya tidak menaikan Spiral Kick sampai Max. Selain itu, Spiral Kick level 1 bisa menghemat konsumsi MP juga di PVP.

Sama halnya dengan Spiral Kick, saya juga tidak akan mungkin terus-terusan melompat di kepala boss (Air Pounce). Okelah kalau kepalanya bisa diinjak-injak, kalau tidak? bisa rugi Skill Point naikan Air Pounce Max. Oleh karena itu saya hanya menaikannya sampai level 6, agar bisa 5x lompatan.

Blooming Kick
Blooming Kick adalah skill yang mendapatkan peningkatan damage terbesar di Windwalker (baca: Analisis Acrobat Class). Jadi sangat wajar jika Potensi DPSnya melompat dari urutan di bawah (Cap 80) menjadi di atas (Cap 90). Saya sarankan untuk menggunakan Skill Ring +1 agar mendapatkan damage yang lebih maksimal di level 11.

Cyclone Kick
Cyclone Kick merupakan Skill INS level 90 Windwalker. Oleh karena itu agar damage INSnya lebih  besar, saya naikan Cyclone Kick Max.

Spiral Edge
Spiral Edge + Showtime memiliki Potensi DPS yang paling besar karena 2x damage normal. Tanpa Showtime pun Potensi DPS Spiral Edge masih tinggi. Saya mengasumsikan cooldown Spiral Edge + Showtime adalah 13 detik, Memang masih bisa lebih cepat tapi itu rata-rata waktu saya ketika uji coba di video ini:

Rising Storm
Sejak Cap 80, Potensi DPS Rising Storm tetap kosisten di posisi bawah, padahal sudah dinaikan damagenya.

Skill Heraldry
- Spiral Edge (damage)
- Spirit Boost (cooldown)
- Cyclone Kick (damage)
- Showtime (buff duration)
Optional: Blooming Kick (reset cooldown), Eagle Dive, Rising Storm, Double Somersault Kick (damage), Spiral Vortex (action speed)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STING BREEZER SKILL BUILD LEVEL 90

DRAGON NEST: DAMAGE and DPS CALCULATION

ELESTRA SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)